Minggu, 04 November 2012

Berbagai sumber utama konflik organisasional dapat di uraikan sebagai berikut :


          
  Kebutuhan untuk membagi sumber daya-sumber daya yang terbatas. Bila setiap satuan dalam suatau organisasi mempunyai sumber daya terbatas, masalah bagaimana membaginya merupakan konflik potensial. Sumber daya-sumber daya tersebut harus di lokasikan, sehingga beberapa kelompok tak terelakan akan mendapatkan lebih sedikit dari pada yang mereka inginkan atau butuhkan.


            Perbedaan-perbedaan dalam berbagai tujuan. Seperti telah kita ketahui, kelompok-klompok organisasi cenderung menjadi terspesialisasi atau di bedakan karena mereka mengembangkan berbagai tujuan, tugas dan personalia yang tidak sama. Perbedaan-perbedaan ini sering mengakibatkan konflik kepentingan atau prioritas, meskipun tujuan organisasi sebagai keseluruhan telah di setujui.

Sebagai Contoh : departemen penjualan mungkin menghendaki harga lebih tinggi untuk menutup biaya produksi.

            Saling ketergantungan kegiatan-kegiatan kerja. Saling ketergantungan kerja ada bila dua atau lebih kelompok saling tergantung satu dengan yang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas reperatif mereka.
            Perbedaan nilai-nilai atau persepsi. Perbedaan-perbedaan tujuan diantara para anggota berbagai satuan dalam organisasi sering berkaitan dengan berbagai perbedaan sikap, nilai-nilai dan persepsi yang dapat menimbulkan konflik.

            Kemenduaan Organisasional, Konflik antar kelompok dapat juga berasal dari tanggung-jawab kerja yang dirumuskan secara mendua (ambiguos) dan tujuan-tujuan yang tidak jelas.

            Gaya-gaya individual. Banyak orang menyukai konflik, debat dan ada argumentasi; dan bila hal ini dapat dikendalikan maka dapat menstimulasi para anggota organisasi untuk meningkatkan atau memperbaiki prestasi.


Sumber:
1.)  Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XI terbitan PT. Grasindo    
2.) Sukanto (Organisasi Perusahaan) 
3.) Widyatmini (Pengantar Organisasi dan metode)
 

0 komentar:

Posting Komentar

Unordered List

Sample Text

Blogroll

Pages

thank's for visit my blog ˘⌣˘

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

be my follower ☺

Follow us on FaceBook

Follow us on G+

Popular Posts

Recent Posts

Text Widget